Strategi pembinaan jama’ah umrah milad dalam meningkatkan pemasaran haji khusus pada PT Tauba Zakka Atkia (Tours And Travel) Jakarta

Main Author: Abdur Rahman Al-Huzaifi
Other Authors: Ahmadih Rojalih Jawab
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36940
Daftar Isi:
  • xi, 83 hal,; 29,5 cm
  • Haji merupakan ibadah yang diinginkan semua umat muslim diseluruh dunia, seluruh umat muslim berlomba – lomba mendaftar haji reguler atau plus untuk mewujudkan impiannya. Akan tetapi proses menunggu yang lama atau waiting list keberangkatan haji membuat beberapa orang tidak dapat berangkat dikarenakan waktu yang lama tersebut. Oleh karena itu ada alternative lain untuk membuat jamaah tetap bisa menuju Makkah dan Madinah yaitu dengan melaksanakan Ibadah Umrah. Aspek pembinaan menjadi prioritas utama yang harus dilakukan kepada setiap jamaah umrah. Pembinaan akan mengarahkan dan mengembangkan para jamaah umrah dalam pelaksanaan ibadah umrah. Persoalan yang muncul dari penjabaran diatas mengenai tujuan penyelenggaraan ibadah umrah ialah bagaimana membina jamaah umrah agar tetap terjaga kemabrurannya dan bagaimana mengambil manfaat dari pembinaan tersebut. Pelayanan kepada pelanggan dalam hal ini jamaah merupakan tujuan utama yang tidak dapat dihindarkan. Tetapi pada kenyataannya tidak banyak penyelenggara ibadah umrah yang menyelenggarakan pembinaan pasca umrah dalam menjaga kemabruran dan juga mengambil manfaat dari pembinaan jamaah umrah tersebut. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana strategi dan dampak strategi pembinaan yang dilakukan oleh Tazkia Tours and Travel Jakarta kepada jamaah umrah milad dalam meningkatkan pemasaran haji khusus pada PT Tauba Zakka Atkia (Tours and Travel) Jakarta. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan cara observasi atau wawancara langsung dengan narasumber yang sifatnya interaktif dan memaparkannya sesuai data-data yang diperoleh di lapangan. Setelah melakukan penelitian berdasarkan pengamatan di lapangan dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembinaan yang diterapkan oleh PT Tauba Zakka Atkia (Tours and Travel) Jakarta dalam meningkatkan pemasaran haji khusus pada PT Tauba Zakka Atkia (Tours and Travel) Jakarta adalah meningkatnya pemasaran haji khusus melalui pembinaan pasca umrah Kata kunci: Strategi, Pembinaan, Umrah, Haji Khusus.
  • Dr.H, Ahmadih Rojalih Jawab, MA
  • --