Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn di SDN Cempaka Putih 03 Tangerang Selatan
Main Author: | Yunita Eka Agustian |
---|---|
Other Authors: | Ja'fas Sanusi |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36845 |
Daftar Isi:
- Yunita Eka Agustian (1113018300026). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran PKn di SDN Cempaka Putih 03 Tangerang Selatan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter (tanggung jawab) belajar siswa kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran VCT. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Cempaka Putih 03. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C Tahun Pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar observasi sikap tangggung jawab siswa. teknik analisis data hasil sikap tanggung jawab siswa menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertemuan siklus I sampai siklus II mendapat kategori sangat baik, demikian pula dengan hasil observasi aktivitas siswa. rata-rata sikap tanggung jawab siswa pada siklus I mencapai 55,34% (kategori baik), sedangkan siklus II menunjukan persentase sebesar 71,89%. Dengan rata-rata persentasi tersebut seluruh siswa mencapai kategori baik. Sesuai dengan target peneliti sikap tanggung jawab siswa mencapai 70% dengan hasil siklus II tersebut dan berdasarkan wawancara paparan guru, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan karakter tanggung jawab belajar siswa kelas V SDN Cempaka Putih 03 Untuk dapat melaksanakan pembelajaran banyak sekali model yang dapat di terapkan guru dalam meningkatkan karakter, dari beberapa model pembelajaran salah satunya yaitu dengan VCT.