Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Pelayanan Tingkat II Pada Peserta BPJS di RSAI Bandung Tahun 2017

Main Author: Laily Rachmayanti
Other Authors: Yuli Prapancha Satar, Ratri Ciptaningtyas
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36729
Daftar Isi:
  • lengkap
  • Pelayanan rawat jalan merupakan pelayanan pertama sebagai pintu gerbang rumah sakit, serta memiliki peran penting dalam melayani pasien. Masalah yang ditemukan di proses pendaftaran dan pada saat proses pelayanan sehingga dapat menimbulkan masalah di alur proses pelayanan di RSAI Bandung. Oleh karena itu, RSAI Bandung mempunyai pedoman alur proses pelayanan BPJS rawat jalan, antara lain: proses pendaftaran, pelayanan poli, pelayanan penunjang, pelayanan obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Tingkat II Pada Pasien Peserta BPJS di RSAI Bandung Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan di Unit Pelayanan Rawat Jalan BPJS RSAI Bandung pada bulan November-Januari 2017. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan sistem dengan melakukan telaah dokumen, wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalah yang terjadi dari segi Input : Kualitas SDM yang masih kurang seperti tenaga kesehatan kurang teliti dalam pemeriksaan berkas seperti petugas salah memberikan SEP atau dokumen dan salah memberikan jadwal kunjungan pasien, masih adanya keterlambatan pembuatan laporan keuangan, mesin printer yang dirasa masih kurang untuk menunjang pelayanan dari beberapa peralatan yang sudah terserdia seperti mesin label dan televisi belum dimaksimalkan utilisasinya, selain itu pada bagian pelayanan masih belum menggunakan bredging system yang telah disediakan oleh BPJS untuk mempercepat proses pendaftaran, ketersedianya SOP proses pelayanan di rumah sakit. Proses : permasalahan yang terjadi pada proses pendaftaran ditemukan masih ada beberapa SDM belum bekerja sesuai SOP, masih kurangnya informasi yang diberikan oleh petugas kepada pasian mengenai alur pelayanan sehingga pasien belum mengetahui alur pelayanan di RSAI Bandung, selain itu proses verifikasi masih dilakukan secara manual dan belum menggunakan briedging system yang sudah disediakan oleh BPJS dan Output : dengan melihat masih terdapatnya permasalahan dalam pelayanan baik dari segi input maupun segi proses pelayanan tersediri berdampak pada pasien RSAI Bandung yang belum maksimal. Berdasarkan permasalahan-permasalahan diatas dapat diberikan masukan, antara lain : Sebaiknya dilakukan monitoring pada pelayanan kepada petugas di bagian pendaftaran dan penilaian terkait pengukuran pengetahuan petugas dalam hal alur pelayanan dan bagaimana implementasinya di lapangan. untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di bagian pendaftaran. Sebaiknya rumah sakit mempertimbangkan untuk menggunakan bridging system, dan Sebaiknya dilakukan sosialisasi pada pasien melalui media elektronik seperti televisi, pengeras suara (radio) dan adapun sosialisasi dari media cetak seperti brosur, dan leaflet yang sudah disediakan oleh rumah sakit.