Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas dengan Metode Outdoor Activities dalam Materi Menulis Karangan Deskripsi Kelas XI Mamia+ MA Attaqwa Pusat Putera Bekasi Tahun Ajaran 2016/ 2017
Main Author: | M. Ihsan |
---|---|
Other Authors: | Drs. Cecep Suhendi, M. Pd |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36446 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK M. Ihsan, NIM 1110013000092. “Efektivitas Pembelajaran di luar Kelas dengan Metode Outdoor Activities dalam Materi Menulis Karangan Deskripsi Kelas XI Mamia+ MA Attaqwa Pusat Putra Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017,” Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Pembimbing: Drs. Cecep Suhendi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Outdoor Activities (menulis karangan deskripsi). Subjek penelitian yang diambil pada penelitian ini yaitu, siswa kelas XI Mamia+ sebanyak 31 siswa. Data yang diperoleh dari lembar observasi siswa, dan catatan lapangan, menyatakan bahwa siswa kurang antusias dalam mengungkapkan pertanyaan dan pendapat. Berdasarkan data tersebut, maka peneliti mengadakan siklus 2 dalam tindakan pembelajaran. Pada tindakan pembelajaran siklus 1, menghasilkan nilai rata-rata 65,03 termasuk kategori kurang, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai kategori baik. Oleh karena itu, peneliti mengadakan tindakan pembelajaran siklus ke-2, hasil analisis siklus ke-2 dengan rumus persentase peningkatan nilai mencapai 51%. Hal tersebut membuktikan, bahwa pembelajaran siklus ke-2 telah berhasil, karena mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata baik, yaitu 80,74. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu penggunaan metode Outdoor Octivities (menulis karanagan deskripsi) dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa di siklus 1 hanya 65,03, dan pada siklus 2 nilai rata-rata pembelajaran mencapai 80,74. Maka selisih nilai mencapai 15,71 dan mengalami peningkatan sebesar 51%. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Metode Outdoor Activities.