Gambaran bauran pemasaran layanan medical check up (mcu) rumah sakit muhammadiyah taman puring tahun 2017
Main Author: | Ayu Sariyani Harahap |
---|---|
Other Authors: | Yuli Prapancha Satar, Riastuti Kusuma Wardani |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36150 |
Daftar Isi:
- lengkap
- Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien pada layanan medical check up (MCU) selama 3 tahun terakhir dan tidak pernah mencapai target. Hal ini disebabkan bauran pemasaran yang belum optimal seperti, alat dan jenis pemeriksaan yang belum lengkap, tarif yang sudah lama tidak direvisi, lokasi ruangan yang kurang strategis dan tidak adanya ruang tunggu khusus layanan MCU dan informasi yang kurang lengkap pada media promosi layanan MCU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bauran pemasaran Layanan Medical Check Up (MCU) Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Purirng (RSMTP). Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - Maret 2017. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran product: alat dan jenis pemeriksaan yang belum lengkap, belum ada ruang tunggu khusus layanan MCU belum ada produk unggulan dan merek yang berbeda dengan RS lainnya serta pertugas yang kurang informatif dan teknis pelayanan yang kurang baik. Place: Lokasi layanan MCU yang kurang strategis. Price: Tarif yang sudah bertahun-tahun tidak direvisi. Promotion: Kurangnya informasi mengenai layanan MCU pada media promosi website dan media sosial. Saran yang diajukan adalah Product : diharapkan pihak RSMTP agar melengkapi alat dan pemeriksaan yang belum ada, membuat produk unggulan dan merek layanan MCU yang menarik yang berbeda dengan RS lainnya serta lebih meningkatkan pelayanan yang baik dan petugas yang lebih informatif. Place : lebih memudahkan konsumen pada proses pelayanan MCU agar tidak terlalu berpindahpindah ruangan dan menyiapkan ruang tunggu khusus layanan MCU dan khususnya untuk paket eksekutif. Price : melakukan revisi tarif layanan MCU. Promotion : melengkapi informasi mengenai layanan MCU pada media sosial dan website.