Pengaruh Model Guided Discovery learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Listrik Dinamis

Main Author: Ahda sulukin Nisa
Other Authors: Fathiah Alatas M. Si, Hasian Pohan M/ Si
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36024
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guideddiscovery learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan tahun ajaran 2016/2017 di kelas X SMA Paradigma Mauk Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada konsep listrik dinamis. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whiteney terhadap hasil data posttest menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai Sig (2-tailed)< 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model guided discovery learning berbantuan media PhET lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Guided Discovery Learning, media PhET, Hasil belajar, Listrik Dinamis