Perbandingan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Guided Inquiry (GI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Main Author: Widya Fitriani
Other Authors: Dedi Irwandi, Dewi Murniati
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35680
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat. Model pembelajaran POGIL dan GI digunakan sebagai model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dimana tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan model pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 101 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian the static group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan cara sampling purposive dan dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen POGIL dan kelompok eksperimen GI. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes dalam bentuk esai sebanyak 15 butir soal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh hasil sig. 2-tailed= 0,000 dan taraf signifikan () = 0,05. Sehingga sig. 2-tailed lebih kecil dari taraf signifikan () (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan model pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi model pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI), Keterampilan Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia