Pengaruh Model Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Konsep Jamur
Main Author: | Nurlaelah Jamil |
---|---|
Other Authors: | Dr. Zulfiani, M.Pd., Dr. Yanti Herlanti, M.Pd |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35629 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur (structured inquiry) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Depok dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains sebanyak sepuluh soal uraian bersifat Open-Constructed Response yang mengikuti konstruksi pola pada soal Programme for International Assessment (PISA) dan dengan konsep jamur (fungi). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur (Structured Inquiry). Hal tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep jamur (fungi).