Pengaruh Model POGIL (Process-Oriented Guided-Inquiry Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi laju Reaksi
Main Author: | Hanna Aulia |
---|---|
Other Authors: | Nanda Saridewi, M.Si, Luki Yunita, M.Pd |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34852 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga mengakibatkan pemahaman konsep siswa menjadi rendah. POGIL sebagai salah satu model yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model POGIL dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperiment dengan desai penelitian Non Equivalen Control Designdan pengambilan sampel dengan tekning purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes essay sebanyak 12 soal. Dalam penelitian ini, diperoleh skor pretest kelas kontrol sebanyak 26,38 dan kelas eksperimen 25,22. Selanjutnya diperoleh skor posttest kelas kontrol sebanyak 62,57 dan kelas eksperimen sebanyak 77,02. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf kepercayaan 95% (0,05) diperoleh hasil uji-t dataposttestdidapat bahwa nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan thitung< ttabel (6,521 > 2,045) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model POGIL terhadap pemahaman konsep siswa materi laju reaksi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam menggunakan model pembelajaran di kelas.