Peningkatan sikap siswa melalui metode index card match dalam pelajaran pkn kelas IV mi. raudhatul muta'allimin jakarta

Main Author: Abdul Rahman
Other Authors: Fauzan
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34712
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran PKn pra siklus pada siswa kelas IV MI Raudhatul Muta’allimin, Jakarta Selatan, ditemukan beberapa permasalahan, yaitu [1] dalam pembelajaran PKn, guru menekankan pada kemampuan menghafal, [2] pembelajaran berlangsung dengan suasana kaku dengan kegiatan siswa yang hanya sekadar duduk, diam, dengar, catat dan hafal, [3] kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, [4] guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, [5] hasil akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu, perlu diadakannya tindakan perbaikan pembelajaran untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang ada. Perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui metode pembelajaran Index card match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan subjek yang diteliti yaitu siswa kelas IV MI Raudhatul Muta’allimin yang berjumlah 25 orang. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan teknik non tes berupa lembar observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebesar 17,30% siswa yang menunjukan keaktifan belajar pada kegiatan pembelajaan pra siklus. Kemudian pada kegiatan perbaikan pembelajaran siklus I, keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 33,30%, sehingga persentase rata-rata keaktifan belajar siswa pada kegiatan pembelajaran siklus I mencapai 52,60%. Selanjutnya pada kegiatan penyempurnaan pembelajaran siklus II, keaktifan siswa kembali meningkat sebesar 27,40% sehingga persentase rata-rata keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus II sebesar 80,00%. Dengan demikian, berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan diterapkannya metode pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas IV MI. Raudhatul Muta’allimin, Jakarta Selatan.