Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Materi Alat Optik untuk Siswa SMA

Main Author: Oriza Nurwanti
Other Authors: Iwan Permana Suwarna
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: FITK UINJKT
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34546
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika pada materi alat optik yang layak, efektif dan praktis digunakan. Media dikembangkan dengan menggunakan teknologi AR, media yang dihasilkan dapat digunakan dengan menggunakan smartphone berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research dari Jan Van Den Akker dengan evaluasi formatif Martin Tessmer. Tahap penelitian terdiri dari empat tahap: penelitian pendahuluan, tahap prototipe, evaluasi sumatif, serta refleksi sistematik dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang diambil dari tiga sekolah: X MIPA 1 (SMAN 1 Ciruas), X MIPA 2 (SMAN 1 Kibin), X MIPA 5 (SMAN 1 Anyar), XI MIPA 7 (SMAN 1 Ciruas) dan XI MIPA 3 (SMAN 1 Kibin). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes (tes kognitif) yang telah divalidasi dan non tes (angket dan wawancara). Instrumen tes diberikan kepada 54 siswa dan angket penilaian diberikan kepada: sembilan orang ahli, 57 siswa (evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, uji lapangan dan evaluasi sumatif) dan tiga orang guru. Media pembelajaran yang dihasilkan dinilai layak oleh kesembilan orang ahli (media, desain pembelajaran dan materi), sangat efektif dalam membantu proses pembelajaran (75%) siswa mendapatkan nilai ≥ KKM dan N-Gain sebesar 0,63 (sedang). Media dinyatakan sangat praktis (91%) untuk digunakan guru dan siswa di dalam kelas maupun di luar