Miskonsepsi siswa pada materi asam basa dengan menggunakan instrumen tes diagnostik two-tier
Main Author: | mashfufatul Ilmah |
---|---|
Other Authors: | Salamah Agung, Nanda Saridewi |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34469 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan miskonsepsi yang dialami siswa Madrasah Aliyah di Kota Tangerang Selatan pada materi asam basa. Data penelitian diperoleh melalui tes dianostik two tier multiple choice yang terdiri dari 16 soal. penelitian ini melibatkan 135 siswa dari 7 Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa mengalami miskonsepsi dengan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 31%. Siswa mengalami miskonsepsi pada konsep teori asam basa sebesar 34%, indikator asam basa sebesar 31%, tetapan ionisasi asam basa (Ka/Kb) sebesar 34%, kekuatan asam (pH) sebesar 19%, perhitungan pH sebesar 23%, dan konsep pH dalam lingkungan memiliki persentase miskonsepsi paling tinggi yaitu 55%.