Istikhdaam Lu'bah Al-Kalimaat Al-Mutaqothi'ah Liraf'i Mustawaa istii'aab Al-Mufradaat Ladaa Talaamidz Al-Shaff Al-Tsaamin fii Al-Madrasah Al-Mutawassithah Al-Hukuumiyyah 11 Serang

Main Author: Faisal Hadi
Other Authors: Mukhson NawawI, Raswan
Format: bachelorThesis
Bahasa: ar
Terbitan: FITK
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34459
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap aktifitas siswa ketika mengikuti pembelajaran kosakata yang didesain guru dengan menggunakaan permainan Teka-teki Silang, pengelolaan kelas oleh guru ketika mengajar kosakata dan nilai hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 unsur yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun sumber data yang diperoleh adalah siswa dan guru bahasa Arab dan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes (pre-test dan post test), observasi langsung dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah seleksi dan klasifikasi data, penyajian dan pengolahan data serta kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini: 1. Bahwa aktifitas siswa ketika mengikuti pembelajaran kosakata menunjukkan interpretasi baik dan itu nampak bahwa mereka telah terbiasa mengikuti pembelajaran dengan permainan teka-teki silang, berani dalam menjawab pertanyaan serta menanggapi jawaban temannya, dan mereka memahami cara menggunakan permainan teka-teki silang serta aturan-aturannya. 2. Bahwa pengelolaan kelas yang didesain guru menunjukkan interpretasi sangat baik dan itu nampak bahwa guru sudah menguasai materi serta menyampaikannya, mampu menggunakaan permainan teka-teki silang serta dapat mengelola kelas ketika mengajar. 3. Bahwa terdapat perkembangan nilai dalam belajar siswa dalam pembelajaran kosakata dari siklus pertama hingga kedua dibuktikan bahwa nilai ratarata kelas mereka adalah 67,6% dengan interpretasi tinggi sesuai dengan capain KKM sebesar 65% dengan interpretasi tinggi pada siklus 1 dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata kelas 79,1% dengan interpretasi tinggi sesuai dengan capain KKM sebesar 82,5% dengan interpretasi sangat tinggi. Dari hasil diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teka-teki silang dalam pembelajaran kosakata dapat membantu siswa dalam menguasai kosakata dan penggunaannya di SMPN 11 Kota Serang