PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG

Main Author: Fairuzzabadi Arif Billah
Other Authors: Dr. Fauzan, MA.
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34382
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Tangerang Selatan dari tanggal 3 Oktober – 17 Oktober, sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen berjumlah 28 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah nontes angket minat belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Hal tersebut dibuktikan pada hasil uji hipotesis yang dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Hasil yang diperoleh pada post test adalah 0,013 dengan kriteria taraf signifikan ≤ 0,05.