Peranan Pelayanan PT. Adzikra Tour & Travel Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umroh
Main Author: | Sukron Ma'mun |
---|---|
Other Authors: | Jundah Sulaiman |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H / 2016 M
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34071 |
Daftar Isi:
- iv, 63 hal,; 29,5 cm
- ABSTRAK SUKRON MA’MUN, 109053100016“Peranan Pelayanan PT. Adzikra Tour & Travel Jakarta Selatan Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umroh “pembimbing Dra. hj. Jundah Sulaiman, MA. Pengelolaan haji di Indonesia dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Biro perjalanan haji sebagai suatu instansi rekan kerja pemerintah yang juga turut membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan jasa terhadap masyarakat dalam hal bimbingan ibadah haji dan umroh termaksuk merupakan suatu pekerjaan yang harus dikelola dengan baik dan untuk menarik minat dan kepercayaan masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji dan umroh. Menyadari persaingan kompetitif antar biro perjalanan haji dan umroh untuk memperebutkan pasar potensial di wilayah jakarta khususnya dan memberikan pelayanan yang unggul, maka PT. Adzikra tour & travel menetapkan standarisasi pelayanan dengan bekerja secara maksimal. Aktivitas pelayanan tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah jamaah dan citra perusaha. Kepuasan merupakan sebuah bentuk penilaian dan perasaan yang dipengaruhi banyak faktor dalam proses pelayanan yang sesuai dengan nilai-nilai kebutuhan calon jamaah haji dan umroh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan PT. Adzikra Jakarta Selatan terhadap jamaah umroh dan untuk mengetahui apakah pelayanan PT. Adzikra Jakarta Selatan dapat meningkatkan jumlah jamaah umroh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian setelah dilakukan penelitian mengenai peranan pelayanan PT. Adzikra Jakarta Selatan dalam meningkatkan jumlah jamaah umroh ialah, Pelayanan PT. Adzikra Jakarta Selatan terhadap jamaah umroh sudah cukup baik karena pada pelaksanaannya telah diterapkan sesuai dengan teori dan praktek. Pelayanan PT. Adzikra Tour &Travel Jakarta Selatan secara administrative sudah cukup maksimal terhadap jamaah dengan memfasilitasi secara professional baik di Tanah Air seperti kesopanan, kerapihan dan keprofesionalan karyawan melayani para calon jamaah ketika baru akan mendaftarkan diri maupun ketika di Tanah Suci serta mampu bekerjasama dengan baik dengan pihak-pihak yang mendukung memberangkatkan ibadah umroh seperti akomodasi dalam pengaturan tempat yang memadai fasilitas penginapan tersebut berbintang empat dan lima yang dilengkapi dengan menu makanan khas Indonesia, dikarenakan pihak PT. Adzikra Tour &Travel Jakarta Selatan melihat situasi dan kondisi yang ada. Kata Kunci :Peranan Pelayanan, Peningkatan Jumlah Jamaah
- Dra.Hj. Jundah Sulaiman, MA
- --