The Effect Of Using Blended Learning Model On Students' Reading Comprehension Of Exposition Text (A Quasi-Experimental Study At The Eleventh Grade Of SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan In The 2015-2016 Academic Year)
Main Author: | Derin Periyana |
---|---|
Other Authors: | Dr. Atiq Susilo,M.A., Sunardi Kartowisastro, Dipl.Ed |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33879 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris apakah pengajaran dengan menggunakan model blended learning adalah efektif atau tidak dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa/i dalam teks eksposisi. Penilitian ini menggunakan metode quantitative dan disain quasi-experimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumal 30 siswa/i dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa/i. Sampel di ambil dengan menggunakan purposive sampling. Siswa/i di kelas eksperimen di ajarkan mengunakan model blended learning sedangkan kelas kntrol tanpa mengunakan model blended learning. Instrumen yang digunakan adalah tes dan tes tersebut di bagi menjadi pre-test dan post-test. Data dari pre-test, post-test dan sekor perolehan di analisa mengunakan t-test. Hasil dari pre-test menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Kemudian hasil post-test menunjukan bahwa p= 0,101dan itu lebih besar dari α= 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan di kedua buah kelas. Selanjutnya, pada skor perolehan menunjukan p=0,466 dan ini juga lebih dari α=0,05. Lebih lanjut, berdasarkan perhitungan manual t0 (tvalue)= 0,762 dan tt (ttable)= 1,672, ini berarti bahwa t0 (tvalue) < tt (ttable) (0,762 < 1,672). Berdasarkan perhitungan t-test di buktokan bahwa null hipotesis (H0) diterima. Berarti tidak ada perbedaan yang signifikan dari pnecapaian pemahaman membaca siswa/i dalam teks eksposisi antara siswa/i yang diajarkan mengunakan model blended learning dan tanpa blended learning.