Pelaksanaan Pembelajaran Pada Komunitas Homeschooling Kak Seto Pusat Tingkat SMA
Main Author: | Nurfitriani |
---|---|
Other Authors: | Dr. Jejen Musfah, MA, Dra. Nurdelima waruwu, M.Pd |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33863 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada komunitas homeschooling Kak Seto (HSKS) Pusat tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan kebutuhan penelitian ini ditentukan sumber data yaitu direktur homeschooling Kak Seto pusat, kepala bidang pengembangan kurikulum, kepala bidang pelayanan dan informasi, tutor IPA dan IPS, dan siswa. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada komunitas homeschooling Kak Seto (HSKS) Pusat tingkat SMA kurang efektif karena masih kurangnya waktu pembelajaran tatap muka di kelas yang satu minggu hanya 3 kali pertemuan selama 3 jam. Mata pelajaran yang diberikan pada tingkat SMA hanya berjumlah 7 mata pelajaran yang akan masuk pada ujian nasional paket kesetaraan jurusan IPA dan IPS serta ada penambahan kegiatan pengembangan diri siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, pengetahuan, sosialisasi dan keterampilan. Kegiatan yang berhubungan dengan orang tua di lembaga homeschooling tingkat SMA masih sebatas pengambilan rapor atau parents meeting dan konsultasi dengan psikolog. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan walaupun orang tua sibuk dengan pekerjaan diharapkan dapat mengawasi anaknya secara terus menerus. Untuk tutor harus lebih pandai dalam mengatur strategi pembelajaran dan model pembelajaran agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak yang berbeda-beda.