Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Main Author: Amaliyyah Mahmudah
Other Authors: BURHANNUDIN MILAMA, M.PD, EVI SAPINATUL BAHRIAH, M.Pd
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33743
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran Search,Solve,Create, and Share (SSCS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian ini dilakukan di MAN 11 Jakarta Selatan pada24 Agustus-14 September 2016.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahquasi experimentaldesign,dengan desain penelitiannonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes uraian sebanyak 8 butir soal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-tdiperoleh data bahwa t hitung t tabel atau 16,36 1,980 pada taraf signifikansi 5%, nilai t hitung terletak pada daerah tolak H 0 dan terima H a. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.