Praktek Ekonomi Politik Dalam Talk Show Komedi Di Televisi (Studi Kasus Program Ini Talk Show Net.Tv)
Main Author: | Qurrota A’yuni |
---|---|
Other Authors: | Rachmat Baihaky |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H / 2016 M
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33732 |
Daftar Isi:
- viii, 123 hal,; 29,5 cm
- ABSTRAK Qurrota A’yuni (1111051100010) Praktek Ekonomi Politik dalam Talk Show Komedi di Televisi (Studi Kasus Program Ini Talk Show NET. TV) NET. sebagai televisi hiburan telah melahirkan berbagai program berbasik entertaiment. Di mana setiap format acara NET. seperti musik, olahraga, berita, talk show dikemas secara jenaka. Dari seluruh acara NET. TV, Ini Talk Show merupakan program favorit dengan rating tertinggi. Program talk show komedi ini memberikan porsi komedi lebih besar daripada talk show itu sendiri. Komedi dalam Ini Talk Show bahkan disajikan secara vulgar dengan unsur bulliying. Dengan mengusung komedian dan konsep jenaka, penulis melihat Ini Talk Show sebagai praktik ekonomi politik. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, muncullah pertanyaan penelitian. Pertama, Bagaimana praktek ekonomi politik yang meliputi proses komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi pada program Ini Talk Show NET. TV terjadi?. Kedua, Bagaimana bentuk-bentuk ekonomi politik pada program Ini Talk Show NET. TV? Praktek ekonomi politik pada Ini Talk Show terjadi berdasarkan peningkatan iklan sebagai surplus ekonomi NET. TV. Ini Talk Show bahkan secara timbal balik dapat mengontrol kebutuhan masyarakat akan informasi. Kebutuhan tersebut diubah dan ditukar dengan keuntungan sebagai proses komodifikasi. Disebarluaskan lewat berbagai bentuk media massa untuk menggiring massa sebagai proses spasialisasi. Dan penyeragaman ideologi secara struktural sebagai proses strukturasi. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis. Penelitian jenis ini melihat fakta dan gejala sosial sebagai hasil dari pertarungan ekonomi, politik, dan sosial di masyarakat. Peneliti melakukan observasi, wawancara, studi kasus dan pustaka untuk mendapatkan data penelitian. Teori yang digunakan peneliti adalah teori politik ekonomi media Vincent Mosco. Teori ini menjelaskan konsep hubungan sosial yang mencakup kekuasaan dan keuntungan melalui produk komunikasi. Tiga tahap analisis teori ini adalah komodifikasi, yaitu proses mengubah apapun dari nilai guna menjadi nilai tukar. Spasialisasi yaitu cara mengatasi hambatan jarak dan waktu dalam mendistribusikan barang dagang. Serta strukturasi sebagai penyeragaman ideologi secara struktural. Bentuk ekonomi politik yang terjadi pada program ini dapat ditinjau dari pemilihan aktor. Mayoritas aktor adalah mantan pemain program fenomenal OVJ. Dengan branding image aktor dari program tersebut, Ini Talk Show dengan mudah dapat diminati masyarakat luas. Konsep cerita yang dibangun juga merupakan bentuk ekonomi pelitik. Hal itu dapat dilihat dari posisi aktor, parodi nyanyian, dan gimmic adegan sebagai unsur yang mengandung komedi. Begitu juga dengan penekanan dan penonjolan sisi humanistik bintang tamu dari segi yang berbeda. Tujuanya untuk menjual sisi lain dari bintang tamu dengan kemasan lucu, menarik, dan berbeda. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh Ini Talk Show merupakan cara yang salah. Komedi sebagai bagian dari seni yang harus dijunjung tinggi tidak seharusnya dikomodifikasikan. Apalagi dialih fungsikan sebagai alat penundukan kesadaran masyarakat melalui tayangan tidak cerdas. Keyword: talk show, komedi, komodifikasi, program ini talk show.
- Rachmat Baihaky, MA
- --