Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Bamboo Dancing untuk meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa kelas IV

Main Author: Nurazizah
Other Authors: Dr. Abdul Rozak, M.Si
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33058
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rempoa 02 Ciputat Timur pada April-Mei 2015. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrument penelitian adalah instrument tes yang berupa pretes dan postes, serta instrument nontes berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Adapaun indicator keberhasilan yang dicapai KKM 72. Berdasarkan penelitian terungkap bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata N-Gain sebesar 0,47 (47%) termasuk dalam kategori sedang, dan terjadi peningkatan pada siklus II rata-rata N-Gain sebesar 1 (100%) termasuk dalam kategori tinggi. Skor rata-rata N-Gain mengalami peningkatan 0,53 (53%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Rempoa 02.