The Effectiveness of Picture Sequences on Students' Writing Recount Text (A Quasi-Experimental Study at the Tenth Grade Students of SMA Dua Mei Ciputat Tangerang Selatan in the Academic Year 2014/2015)

Main Author: Fushiah, Siti Raudotul
Other Authors: Mahmud, Nasrun, Yusnita, Devi
Format: Bachelors
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32769
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan gambar berseri pada tulisan teks recount siswa yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Dua Mei Ciputat Tahun Akademik 2014/2015. Metode Penelitian ini adalah eksperimental semu dan di lakukan pada dua kelas. Kelas X.2 sebagai kelas eksperimental dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar yang berurutan efektif pada kemampuan siswa dalam menulis teks recount pada siswa kelas X di SMA Dua Mei Ciputat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes menulis siswa. Hasil mean pre-tes pada kelas eksperimental adalah 62.8 dan 62 pada kelas kontrol. Sedangkan hasil mean pos-tes pada kelas eksperimental adalah 78.8 dan 65.6 pada kelas kontrol. Dari hasil penghitungan uji T, dapat diperoleh nilai dari Tobtained adalah 8.32 pada derajat kebebasan (df) 48 dengan level signifikan 5% diperoleh Ttable adalah 2.01. Dari nilai-nilai tersebut dapat dibandingkan bahwa nilai Tobtained lebih tinggi dari pada Ttable (8.32 > 2.01), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, penggunaan picture sequences efektif untuk mempengaruhi siswa dalam menulis teks recount.