Al-Alaaqah baina istii'ab al-talaamidz 'ala auzaan al-tsulatsiyah al-maziidah wa qudratihim 'ala takwiin al-jumal fii al-insya al-muwajjah lada talaamidz al-shaff al-tsalits bi ma'had ibadurrahman al-ashriy al-islaamiy Cipondoh Tangerang

Main Author: Mia Muspiroh
Format: Bachelors
Bahasa: ar
Terbitan: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32005
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan antara penguasaan terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid dengan kemampuan membuat kalimat kedalam insya siswa Pondok Pesantren Modern Ibadurrahma n Cipondoh Tangerang Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengungkapkan penerapan wazn fi’il tsulatsi mazid dalam pembelajaran insya’, dan hubungan antar penguasaan siswa terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid dengan kemampuan siswa membuat kalimat kedalam insya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan penelit i menggunakan metode correlation untuk mengetahui korelasi antara dua variable. Adapun variable pertama adalah penguasaan siswa terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid, dan variable kedua adalah kemampuan siswa membuat kalimat kedalam insya. Penelitian ini bersifat kuantitatif terapan dan peneliti menggunakan teknik analisis dengan menggunakan “Koefisien Korelasi Produk Momen”. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas III A MTs Mumtaz Ibadurrahman Cipondoh Tangerang dengan jumlah 30 orang Tahun Ajaran 2015-2016. Langkah-langkah pengumpulan data penelitian meliputi 1) wawancara dengan Kepala Madrasan Tsanawiyah beserta Guru Insya dan Sharaf, 2) observasi langsung dalam proses pmbelajaran insya, 3) melakukan tes yang berkaitan dengan penguasaan siswa terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid dan Insya. Hasil penelitian menerangkan bahwa terdapat hubungan penguasaan siswa terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid dengan kemampuan siswa membuat kalimat kedalam insya dengan nilai hubungan (0,74). Nilai ini terletak diantara nilai (0,81-0,90) yang menunjukan bahwa hubungan tersebut bernilai kuat. Nilai ro lebih tinggi dibanding dengan nilai rt baik pada level 5% maupun level 1%. Adapun nilai rt pada level 5% yaitu (0,367) sedangkan nilai rt pada level 1% yaitu 0,463. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak atau terdapat hubungan signifikan antara penguasaan siswa terhadap wazn fi’il tsulatsi mazid dengan kemampuan siswa membuat kalimat kedalam insya
  • Mia Muspiroh