Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, NHT dan TGT pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia (Kuasi Eksperimen di MTs.N.13 JAKARTA)

Main Author: BACHTIAR
Other Authors: Sujiyo Miranto, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31802
Daftar Isi:
  • xi, 62 hal,; 29 cm
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan STAD, NHT dan TGT. Penelitian ini dilakukan di Mts.N. 13 Jakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrument menggunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Hasi lpenelitian mengungkapkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata pembelajaran STAD 83.38, NHT 78.82, TGT 79,12 dan nilai uji Anava satu jalur pada data pretes, nilai Fhitung yaitu 79.7 lebih dari Ftabel yaitu 3.07. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran STAD, NHT dan TGT pada konsep sistem sirkulasi darah.