Perbedaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas pada Konsep Jamur

Main Author: Regiani Yunistika
Other Authors: Zulfiani, Nengsih Juanengsih
Format: Bachelors
Bahasa: in
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31156
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada konsep Fungi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 87 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing) dan peserta didik kelas X MIA 2 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas). Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 9 soal, lembar observasi aktivitas peserta didik dan guru dan lembar kerja siswa (LKS). Analisis data kedua kelas menggunakan independent sample t-test pada data Gain, diperoleh t hitung < t tabel yaitu 0,318 < 1,998 yang berarti H0 diterima dengan nilai posttest kelas eksperimen I yaitu 85,9 dan eksperimen II yaitu 82,1. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada konsep Jamur di SMA Negeri 87 Jakarta.