Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe point counter point terhadap hasil belajar pkn siswa kelas v di mi mazro'atul ulum
Main Author: | Halimah Tusya'diah |
---|---|
Other Authors: | Takiddin |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30786 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Halimah Tusya’diah. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MI Mazro’atul ulum Ciledug, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe point counter point terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mazro’atul Ulum Ciledug Tangerang pada bulan April-Mei 2015. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kognitif bentuk pilihan ganda, wawancara, observasi, dan catatan lapangan untuk mengamati proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan One-Way Anova, dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan uji “t”. Setelah dilakukan pengujian diperoleh thitung sebesar 2,890. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Dengan kata lain thitung > ttabel. Kemudian dilihat dari signifikansi uji t yaitu 0,005 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe point counter point terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di MI Mazro’atul Ulum Ciledug Tangerang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Point Counter Point, Hasil Belajar PKn ii ABSTRACT Halimah Tusya’diah (NIM: 1111018300004). Influence of Cooperative Learning Model Type Point Counter Point toward Students’ Achievement in Civic Education of 5th Grade Students at MI Mazro’atul Ulum Ciledug Tangerang, Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, faculty of Tarbiyah and Teachers Training, Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta. 2015 This research aim to find out the influence of cooperative learning model type point counter point toward students’ achievement in civic education of 5th grade students. This research conducted in MI Mazro’atul Ulum Ciledug Tangerang start from April until Mei 2015. The sample of the research is 30 students for experiment class and 30 students for the class of control obtained by purposive sampling technique. The method used in this research is quasi exsperiment method with Nonequivalent Control Group Design. The research instrument of the research is cognitive multiple choice, interview, observation sheet to observe the learning process and field note. The data analysis this research used the normality-test of Kolmogorov-Smirnov technique, then homogeneity-test using One Way ANOVA, and it was continued with testing the hypothesis using T-test. The result showed the score of t0 is 2,890 and the score of ttable with the significance level 5% is 2,000; it means that t0 > ttable. It can conclude. Then the significance of t-test was 0,005 < 0,05. It can conclude that there is influence of cooperative learning model type point counter point toward students’ achievement in civic education of 5th grade students at MI Mazro’atul Ulum Ciledug Tangerang. Key words: cooperative learning model type point counter point, achievement of civic education