Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Main Author: | Sely Shelvia |
---|---|
Other Authors: | Gelar Dwirahayu |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30514 |
Daftar Isi:
- ix, 171 hlm.; 30 cm.
- Sely Shelvia (108017000021), “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang dilaksanakan di MTs Darul Hikmah pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 bulan Maret sampai dengan April. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pemecahan masalah matematik, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-u. Berdasarkan perhitungan uji-u tersebut menunjukkan Zhitung = 3,14 dan ztabel = 0,99 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Zhitung > Ztabel (3,14>0,99), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ”Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan metode konvensional”. Dengan demikian, Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
- Sely Shelvia