Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep fluida dinamis

Main Author: Fitriah
Other Authors: Nada Marnada
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan,2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3003
Daftar Isi:
  • iii. 59 hal.; 22 cm.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman siswa pada konsep fluida dinamis. Model penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan 34 siswa kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI-7 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2011. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan NHT berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada konsep fluida dinamis. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk = 66, diperoleh nilai ttabel ≤ thitung yaitu 2 ≤ 2,37, maka pada penelitian ini dapat dinyatakan bahwa thitung ≥ ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis penelitian (Ha) di terima.