Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Prima Pegawai Rawat Jalan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat Tahun 2015
Main Author: | Rizki Asriani Putri |
---|---|
Other Authors: | Fajar Ariyanti, Riastuti Kusuma Wardani |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29640 |
Daftar Isi:
- Puskesmas merupakan salah satu organisasi yang memberikan pelayanan publik, untuk itu kualitas pelayanan Puskesmas harus terus ditingkatkan melalui pelayanan prima pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelayanan prima pegawai rawat jalan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh pegawai yang memberikan pelayanan langsung kepada pasien yaitu sebanyak 104 pegawai. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi pemberian pelayanan pegawai terhadap pasien dengan menggunakan checklist. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 43.3% pegawai Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk belum memberikan pelayanan prima kepada pasien/pengunjung Puskesmas. Hasil analisis chi square menunjukkan adanya hubungan bermakna antara signifikansi tugas dengan pelayanan prima pegawai dengan p sebesar 0.048. Tidak ditemukannya hubungan bermakna antara faktor individu (usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pernikahan, dan masa kerja), faktor pekerjaan (ragam keahlian, identitas tugas, otonomi, dan umpan balik), dan faktor organisasi (komitmen organisasi, hubungan rekan kerja, dan kepemimpinan). Penelitian ini menyarankan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk untuk meningkatkan budaya pelayanan prima kepada pegawai dengan membuat kesepakatan internal terkait nilai tambah pada Standar Operasional Prosedur berdasarkan komponen-komponen pelayanan prima yang harus dilakukan pegawai saat memberikan pelayanan kepada pasien dan juga memberikan penghargaan kepada pegawai yang mempunyai kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan prima. Kata kunci: Pelayanan Prima, Pegawai, Faktor Individu, Faktor Pekerjaan, Faktor Organisasi. Daftar bacaan: 77 (1976-2015)