Pengaruh organisasi siswa intra sekolah (osis) terhadap pembentukan akhlak siswa
Main Author: | Rusydy Zakaria |
---|---|
Other Authors: | Nur paula nisa |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28802 |
Daftar Isi:
- xii, 94 hal
- Skripsi ini be1judul "Pengaruh Organisasi siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Pembentukan Perilaku Akhlak Siswa". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kegitan-kegiatan OSIS menberikan kontribusi bagi pembentukan perilaku akhlak pada siswa, serta untuk mengetahui sejauh mana kegiatan-kegiatan OSIS dapat berkontribusi mencegah penyimpangan akhlak terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan di MA. Manaratul Islam Cilandak-Jakarta Selatan, menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi penelitian yaitu 166 siswa dan sampel penelitian sebesar 20% dari populasi yakni 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kelas yang akan dij adikan responden dalam penelitian ini dengan alasan karena yang dibahas dalam penelitian ini tentang OSIS maka yang akan menjadi respondennya adalah siswa-siswi yang menjadi pengurus atau mantan pengurus OSIS di MA. Manaratul Islam. Dalam penelitian ini OSIS yang dimaksud oleh penulis adalah suatu lembaga kesiswaan di sekolah berikut dengan kegiatan-kegiatam1ya. Sedangkan yang dimaksud dengan perilaku akhlak di sini adalahsuatu sikap yang bisa dilihat oleh orang lain baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain. Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir maka dapat dirumuskan bahwa lembaga OSIS ini mempunyai pengaruh yang cukup positif terhadap pembentukan perilaku akhlak pada siswa di MA. Manaratul Islam ini. Dari basil perhitungan dengan menggunakan angket dan didukung dengan observasi dan wawancara maka dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dalam melakukan perannya sebagai pengurus OSIS dapat merasakan manfaat yang positif yaitu perubahan perilaku yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dari • jawaban-jawaban para responden yang muncul dari angket dan wawancara yang berhubungan dengan pembentukan perilaku akhlak. Sebagian besar jawaban responden menj aw ab dengan nada positif, dan melalui data terse but menunjukkan bahwa lembaga OSIS di sekolah ini memberikan kontribusi yang cukup baik/positif sehingga kesadaran siswa untuk berperilaku baik dengan orang lain dapat dibentuk melalui seringnya berinteraksi dengan teman-temannya dan juga para guru tentunya.