Al-'Alaqah Baina Al-Bi'ah Al-Lughawiyyah Wa Injaz Ta'lim Al-Lughah Al-'Arabiyyah bi Madrasah "Madinatunnajah" Al-Mutawassithah Al-Islamiyyah Jombang Ciputat
Main Author: | Sa'diyyatul Qurroh |
---|---|
Other Authors: | Aziz Fachrurrozi, Ahmad Royani |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28743 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditulis karena peneliti menemukan masalah-masalah dalam lingkungan bahasa di sekolah ini, antara lain kurangnya pengawasan dan emanfaatan terhadap lingkungan bahasa, lemahnya kepercayaan diri siswa dalam berbahasa, takutnya siswa terhadap kesalahan berbahasa, dan juga tidak memperhatikannya siswa terhadap qawa’id/tata bahasa Arab yang benar ketika berbicara. Dengan adanya masalah-masalah di atas peneliti bertujuan untuk menganalisa hubungan antara lingkungan bahasa dengan hasil pembelajaran bahasa Arab khususmya dalam ta’bir syafawi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan metode korelasi karena terdapat hubungan antara dua variabel. Variabel pertama dalam penelitian ini adalah lingkungan bahasa dan variabel keduanya hasil belajar bahasa Arab siswa. Untuk menganalisa korelasi antara dua variabel tersebut peneliti menggunakan rumus “correlation product moment”. Jumlah sampel yang diambil adalah 48 siswa dari kelas 7. Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan cara berikut: wawancara, observasi, penyebaran angket, dan tes lisan. Setelah peneliti menyebarkan angket dan melakukan tes lisan terhadap siswa, peneliti mendapatkan nilai dari penyebaran angket dengan rata-rata nilai 75,58 yang menunjukkan hasil yang baik, dan dari hasil tes lisan peneliti mendapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 71.83 yang menunjukkan hasil yang baik pula. Dari perhitungan thitung didapatkan nilai 10.09 dan ttabel 1,67 yang artinya thitung lebih besar dari pada ttabel dan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yakni terdapat korelasi antara dua variabel. Adapun hasil rxy yang didapatkan sebesar 0.85 yang berada di antara rentan 0,71-0,90 yang hasil tersebut lebih besar dari rt sebesar 0,291 pada taraf signifikan 5% dan 0,376 pada taraf 1%. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan bahasa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil pembelajaran siswa, dan kegiatan-kegiatan kebahasaan yang ada di sekolah ini serta pengawasan dan pemanfaatan dari semua pihak mendukung pengingktan hasil pembelajaran dan pemerolehan bahasa terhadap siswa.
- Sa'diyyatul Qurroh