Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa: penelitian tindakan kelas di Kelas IV-1 SD Dharma Karya UT
Main Author: | Siti Hipziyah |
---|---|
Other Authors: | Kadir |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28612 |
Daftar Isi:
- x, 156 hlm.; 30 cm.
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan di SD Dharma Karya UT Pondok Cabe pada kelas IV-1 tahun ajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar aktivitas mengajar guru, lembar wawancara, angket respon siswa, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan dokumentasi. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran matematika diperoleh adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa . Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 59,64 menjadi 78,60 pada siklus II. Selain itu penerapan model Problem Solving juga dapat meningkatakan aktivitas belajar dan respon siswa. Hal ini terlihat dari prosentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 57,75%% menjadi 85,79% pada siklus II, serta respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Solving juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,63 dan pada menjadi 78,24 pada siklus II.