Al 'alaqoh baina ijadati al qiro'ah wa al qudroh ala alkitabah lada talamiidz madrasah al- Falah al mutawassithoh al islamiyyah Jakarta
Main Author: | robitoh ainur |
---|---|
Other Authors: | Ahmad Sayuti Nasution, Raswan |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28429 |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui hubungan antara penguasaan keterampilan membaca dengan kemampuan terhadap ketampilan menulis, karena banyak siswa merasa kesulitan dalam belajar bahasa arab, khususnya pada keterampilan membaca dan menulis, hal ini disebabkan sedikitnya jam pelajaran bahasa arab di sekolah tersebut dan sedikitnya latihan yang dilakukan siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan metode korelasi karena terdapat hubungan antara 2 variabel. Jumlah populasi siswa kelas 2 MTs Al-Falah Jakarta tahun ajaran 2014/2015 ini adalah 133 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 66 siswa. Yaitu kelas 8b berjumlah 33 siswa dan 8c berjumlah 33 siswa. Dan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan cara sebagai berikut: melakukan wawancara kepada guru bahasa arab, melakukan observasi, serta melakukan test yang berkaitan dengan keterampilan membaca dan menulis. Peneliti menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan membaca dan menulis, serta menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dan menulis, yang menggunakan rumus korelasi yaitu “correlation product moment”. Penguasaan siswa MTs Al-Falah pada keterampilan membaca menunjukkan hasil yang baik karena nilai rata-rata mendapat nilai 73,76. Dan kemampuan siswa pada materi Imla menujukkan hasil yang baik karena nilai rata-rata mendapat nilai 72,36. Sedangkan hubungan antara penguasaan siswa terhadap keterampilan membaca dengan kemampuan terhadap imla manzhur mendapat hasil 0,90 berada diantara (0,71-0,90). Adapun t hitung 16,51 dan t tabel menunjukkan pada 1,66, sehingga t hitung lebih besar dari t tabel maka menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca dan menulis. Sedangkan kontribusi yang diberikan varibel x terhadap y menunjukkan kontribusi yang besar yaitu 81%. Dari hasil r hitung adalah 0,90 yang lebih besar dari r tabel dengan taraf 5% sebesar 0,250 dan 1% 0,325. Sehingga menunjukkan ada hubungan yang kuat antara penguasaan membaca dengan menulis .
- Ainur Robitoh