Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Main Author: Kadir
Other Authors: Tri Wahyuni Putri
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28331
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebayoran Lama Selatan 10 Petang Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, wawancara, dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa terlihat dari persentase pada siklus I sebesar 62%, yaitu meliputi aktivitas visual 66%, aktivitas menulis 64%, aktivitas oral 60% aktivitas mental 56%, dan aktivitas emosional 70%. Pada siklus II meningkat menjadi 76% yang meliputi aktivitas visual 76,67%, aktivitas menulis 73,33%, aktivitas oral 76,67%, aktivitas mental 73,33%, dan aktivitas emosional 80%.