Rancang bangun mobile commerce berbasis android smartphone dengan extreme programming: studi kasus PT. GBI

Main Author: Novri Asyara Mahyudanil
Other Authors: Elsy Rahajeng, Zanuddin Bey Fananie
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, 2014
Subjects:
API
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28031
Daftar Isi:
  • xviii, 100 hlm.; 29,5 cm.
  • PT. GBI adalah creative clothing line yang memiliki konsep penjualan kaos berdasarkan hasil kompetisi kaos yang di desain oleh anak muda kreatif yang ada di Indonesia. Hasil desain kaos yang masuk ke PT. GBI akan dipilih 10-20 pemenang setiap bulannya. Sehingga Segmentasi pasar dari PT. GBI sebagian besar kelas menengah ke atas dan berkisar diantara umur 15-25 tahun. Sebelumnya, PT. GBI sudah menerapkan pemasaran produk melalui toko fisik dan toko elektronik menggunakan electronic commerce. Namun, melihat perkembangan Teknologi Informasi yang bergerak sangat cepat, PT. GBI ingin menerapkan teknologi berbasis smartphone dalam memasarkan produk yang mereka jual. Penerapan mobile commerce dalam pembelian barang melalui perangkat genggam diharapkan dapat mengikuti tahapan perkembangan Teknologi Informasi baru di bidang perangkat genggam dan dapat memudahkan customer dapat melakukan pembelian barang kapan saja dan dimana saja mereka berada. Dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini, peneliti merancang aplikasi mobile dengan platform open source Android yang dapat membantu customer dalam berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja mereka berada tanpa harus datang ke lokasi. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode berorientasi objek dengan pengembangan Extreme Programming (XP) yang terdiri dari fase exploration, planning, iterations, dan productionizing. Penelitian ini menggunakan user story sebagai analisa kebutuhan user. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Framework Android SDK, bahasa pemrograman Java dan PHP, dreamweaver sebagai editor untuk pengembangan webservice API (Application Programming Interface), MySQL sebagai database-nya, dan pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode pengujian Black Box. Hasil akhir dari pengembangan aplikasi ini adalah dapat diterapakannya pembelian produk yang semula melalui website ke dalam perangkat genggam berbasis Android.