Pengaruh startegi berhitung ( deferent strategies) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi bilangan bulats
Main Author: | Andri Setiawan |
---|---|
Other Authors: | Firdaus, Otong Suhyanto |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2685 |
Daftar Isi:
- xi, 103 hal.; ilus.28 cm
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Berhitung (Different Strategies) terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only. Penelitian ini dilakukan di SDIT Cordova Pondok Aren dari tanggal 16 Agustus sampai dengan tanggal 4 Oktober 2010 pada kelas dua SDIT Cordova. Sampel yang digunakan adalah 17 siswa kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas 2B sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 14 butir soal berbentuk isian singkat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji – t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 0,607 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dan derajat kebebasan 35 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,6896. Karena thitung < ttabel (0,607 < 1,6896) maka H0 diterima, sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang diajarkan dengan strategi berhitung (different strategies) dengan siswa yang diajarkan dengan algoritma tradisional. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran strategi berhitung (different strategies) terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Strategi Berhitung (Different Strategies), Hasil Belajar