Hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan akhlak siswa ( Studi penelitian siswa kelas VIII di SMPN 03 Tangerang Selatan)

Main Author: Sri Fatmawati
Other Authors: Zikri Neni Iska
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan,2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2684
Daftar Isi:
  • vii, 50 hal.; 28 cm.
  • Akhlak bagi para remaja khususnya siswa SMP merupakan permasalahan yang harus ditangani secara serius. Anak yang tidak memiliki dasar agama atau aqidah Islam sejak kecil mudah terjerumus pada perbuatan dosa dan maksiat. Keadaan semacam ini juga dapat menjadi penyebab utama kemerosotan moral, pergaulan bebas, penggunaan obat-obat terlarang, pemerkosaan, pembunuhan dan berbagai bentuk kejahatan yang kebanyakan dilakukan oleh generasi yang kurang pemahamannya tentang isi ajaran Al-Qur’an, kurangnya pendidikan agama serta pembinaan akhlak. Untuk mengembalikan citra remaja menjadi lebih baik maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pembinaan dalam pembentukkan akhlak remaja. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat membatasi masalah yaitu Pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi: Keimanan, Fiqh, Akhlak dan Sejarah/Tarikh. Akhlak siswa terdiri dari beberapa indikator, yaitu: Akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap orang tua dan akhlak terhadap lingkungan. Rumusan masalah yaitu apakah ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 03 Tangerang Selatan. Tekhnik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tekhnik angket (Questionnaire) bentuk skala Likert. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian terdiri dari 2 kategori yaitu pembelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak, yang mana variabel tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui derajat hubungan antara pembelajaran pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa. Berdasarkan hasil analisa data dengan korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil nilai r hitung = 0,810, r tabel = 0,304 dengan df = 40 dan dengan perhitungan Coefficient of Determination diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 66 % dan hasil t hitung = 14,51. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Tangerang Selatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa akhlak yang terdapat dalam diri siswa dapat ditingkatkan dengan adanya pelatihan dan pengembangan pembentukan akhlak.