Peran Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMAN 47 MODEL Jakarta

Main Author: Muhammad Teguh Nugroho
Other Authors: Ghufron Ihsan
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: FITK UIN Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26745
Daftar Isi:
  • Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam dunia pendidikan, peran guru amat banyak dan amat diperlukan dalam berbagai hal. Pada konteksnya, pendidikan adalah orang yang tugasnya mendidik, namun dalam realitas seorang pendidik memiliki peran ganda, salah satunya untuk membina akhlak siswa di sekolah. Terlebih lagi peran yang dilakoni oleh seorang guru pendidikan agama Islam, dia tidak hanya dituntut memberikan ilmu pengetahuan terhadap peserta didiknya akan tetapi dia harus mampu membentuk pribadi anak didik sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Tidak hanya membentuk akhlak baik peserta didiknya, namun juga membinanya agar menjadi akhlak yang mulia. Pembinaan akhlak yang diberikan oleh guru terhadap anak didiknya berperan positif terhadap perubahan sikap dari anak didiknya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa secara sistematis pembelajaran dikatakan ideal atau sangat baik jika jumlah skor angket sejumlah 3.440. Akan tetapi dalam penelitian ini di peroleh jumlah skor angket 2.282. yang artinya perbandingan antara jumlah skor angket penelitian dengan jumlah skor anket ideal diperoleh angka persentase 66,3%. Angka ini menunjukkan bahwa peran guru agama Islam di era globalisasi dalam membina akhlak siswa yang ada di SMAN 47 MODEL Jakarta cukup berperan walaupun tidak terlalu ideal.