“Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa (Quasi Eksperimen di SDN 01 Cirendeu)

Main Author: Intan Kartika
Other Authors: Eni Rosda Syarbaini
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: FITK UIN Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26740
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Cirendeu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan penelitian Posttest- Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dimana pengambilan sampel secara acak, tidak melihat kriteria apapun. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Sampel untuk kelas kontrol berjumlah 30 siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan hasil pengamatan (observasi). Analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 8,97 dan ttabel pada taraf signifikan 95% sebesar 1,67 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar IPS siswa. Hal ini juga diperkuat dengan hasil pengamatan guru selama proses pembelajaran.