Pengaruh Penerapan Strategi Means-Ends Analysis (MEA) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Main Author: Rahmadiyah
Other Authors: Abdul Muin, Eva Musyrifah
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26558
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 110 Jakarta pada kelas VIII-B dan VIII-C semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian randomized post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah 69 siswa yang terdiri dari 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi Means-Ends Analysis (MEA) lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang sangat signifikan, dengan peluang kekeliruan 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi yang ditetapkan). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan strategi Means-Ends Analysis pada indikator basic support sebesar 68%, advance clarification sebesar 65%, strategic and tactics sebesar 65%, dan inference sebesar 63%. Adapun kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar secara konvensional pada indikator basic support sebesar 61%, advance clarification sebesar 58%, strategic and tactics sebesar 44%, dan inference sebesar 49%. Perbedaan yang paling signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pada indikator strategic and tactics dengan selisih persentase sebesar 21%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Fungsi dengan menggunakan strategi Means-Ends Analysis (MEA) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.