KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PEMBERIAN TUGAS/RESITASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANGERANG SELATAN

Main Author: HERDIANA PUSPASARI AULIA
Other Authors: HINDUN
Format: Bachelors
Terbitan: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26306
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah kemampuan menulis puisi dengan teknik pemberian tugas/resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Tangerang Selatan pada bulan Mei 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan teknik pemberian tugas/resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik analisis data angket dan lembar observasi dengan menggunakan rumus P = Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket kemampuan menulis puisi siswa menunjukkan bahwa menulis puisi sebelum menggunakan teknik pemberian tugas/resitasi belum mendapatkan hasil yang baik yaitu nilai rata-rata siswa mendapatkan 67,2. Sedangkan menulis puisi setelah menggunakan teknik pemberian tugas/resitasi sudah mendapatkan hasil yang baik yaitu nilai rata-rata siswa mendapatkan 74,1. Dari hasil angket dapat dilihat bahwa 25 siswa atau 59,5% siswa suka menulis puisi dan 22 siswa atau 52,39% siswa menyukai pembelajaran di luar kelas.
  • HINDUN