Penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik pada materi aljabar di MTsN Tangerang II Pamulang

Main Author: Firda Nandiyah Dwi Anggraeni
Other Authors: Maifalinda Fatra
Format: Bachelors
Bahasa: in
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25239
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : mengetahui dan mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematik, aktivitas, serta tanggapan peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian dilakukan di MTsN Tangerang II Pamulang pada tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian berupa bahan ajar, tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas peserta didik, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Pada siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 62,76 meningkat menjadi 70,98 pada siklus II. Selain kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar pada siklus I tergolong aktif dengan presentase sebesar 59,92% meningkat pada siklus II menjadi 73,28% dan tergolong aktif . Berdasarkan analisis terhadap jurnal harian, persentase tanggapan positif yang diberikan peserta didik pada siklus I sebesar 66,38% dan dapat dikategorikan pada kategori baik , meningkat menjadi 77,62% pada siklus II dan dapat dikategorikan pada kategori baik.
  • Maifalinda Fatra