Pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi pada konsep hukum gravitasi newton (kuasi eksperimen di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan)

Main Author: Andriyani
Other Authors: Erina Hertanti
Format: Bachelors
Bahasa: in
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25219
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI pada Konsep Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2014. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif tipe pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI pada konsep hukum gravitasi Newton. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 4,57 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel . Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan hypermedia lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan hypermedia. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan hypermedia dalam pembelajaran fisika konsep hukum gravitasi Newton memperoleh respon baik.
  • Erina Hertanti