Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Smp Giri Taruna

Main Author: Eneng, Euis Sholihat
Other Authors: Nurochim
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: FITK UIN Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24824
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP GIRI TARUNA. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sedangkan instrument yang digunakan adalah instrument tes yang berupa pretes dan postes sedangkan instrument non tes berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada Setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil belajar siawa IPS. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai Pretest 36,42 dan Postest 58,28, sedangkan siklus II Pretest 53,14 dan Postest 79,71. Dan nilai N-Gain pada siklus I yaitu 0,34 sedangkan nilai N-Gain pada siklus II yaitu 0,57. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Diskusi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP GIRI TARUNA.
  • Nurochim