An Error Analysis in Changing Direct Into Indirect Speech
Main Author: | M.Iqbal Habibi |
---|---|
Other Authors: | Fahriany |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24631 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan tata bahasa dalam perubahan direct speech into indirect speech yang dilakukan oleh siswa kelas X-1 di SMA Islamiyah Sawangan 2012/2013. Metode penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis, dengan jumlah sampel sebanyak 21. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk essay (merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dengan menggunakan tenses yang tepat) dan melengkapi kalimat dengan menggunakan kata ganti yang tepat. Data penelitian dianalisis dengan mengikuti prosedur error analysis yaitu menghimpun data siswa, menganalisanya, mendeskripsikan kesalahan yang terdapat pada tulisan siswa, kemudian mengambil langkah interpretasi data dan langkah terakhir menyimpulkan hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian ini adalah sebagai berikut, kesalahan yang paling banyak adalah misselection (64%), berikutnya terdapat pada misordering (21%), kemudian pada addition (9%), and omission (6%). Berdasarkan hasil tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa kelas X-1 SMA Islamiyah Sawangan banyak membuat kesalahan pada pilihan kata. Alasan mengapa mereka membuat kesalahan tersebut karena mereka tidak menggunakan batasan dan aturan pada structure dan context yang ada. Selain itu, proses pengajaran pada aspek tersebut tidak selesai dengan sukses. Dapat disimpulkan bahwa penyebab kesalahan yang paling umum dilakukan oleh siswa adalah ignorance of rule restriction.