Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta

Main Author: Hermawan, Dicky
Other Authors: Haris, Abdul
Format: Bachelors
Bahasa: in
Terbitan: FITK UIN Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24607
Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan proses belajar-mengajar motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangatlah diperlukan. Mengingat bahwa dengan memberikan motivasi pelajar dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif dan dapat memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah macam-macam. Tetapi untuk motivasi ekstrinsik kadang-kadang tepat dan juga kadang-kadang kurang sesuai. Hal ini guru harus hati-hati dalam menumbuhkan dan memberi motivasi bagi kegiatan belajar para siswa, sebab mungkin maksudnya memberikan motivasi tetapi justru tidak menguntungkan perkembangan belajar siswa. Begitu juga dengan penggunaan berbagai starategi pengajaran dalam pembelajaran, jika bahan pelajaran disajikan secara menarik dengan metode yang sesuai maka dapat menggairahkan semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif karena siswa aktif di kelas. Pembelajaran al-qur’an hadits yang seringkali dilakukan adalah dengan menerapkan satu strategi belajar. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar siswa tidak meningkat. Disamping itu, siswa menganggap materi al-qur’an hadits merupakan materi yang kurang penting, karena telah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kondisi di atas, maka penulis akan meneliti tentang judul: Strategi Guru Al-qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1.Apa strategi guru al-qur’an hadits yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta? Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran al-qur’an hadits kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta a, 2. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, di mana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari pembahasan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: 1. strategi guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta adalah sebagai berikut: a. Strategi Ekspositori Dalam strategi ekspositori, bahan pelajaran disajikan kepada siswa kelas XI IPA dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut. b. Strategi Discovery Dalam strategi ini bahan pelajaran dicari oleh siswa melalui berbagai aktivitas sehingga tugas guru lebih banyak sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswanya. c. Strategi Individual Strategi individual yang dilakukan oleh siswa secara mandiri. Kecepatan, kelambatan dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh kemampuan individual siswa yang bersangkutan. d. Strategi Pembelajaran Kelompok Strategi pembelajaran kelompok yang dilakukan secara berkelompok, sekelompok siswa kelas XI IPA diajar oleh seorang atau beberapa orang guru. Bentuk belajar kelompok bisa dalam pembelajaran kelompok besar atau bisa juga siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. 2. Motivasi belajar siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta sangat antusias dengan strategi yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits tercermin pada, seringnya siswa mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadits, selalu berusaha menjawab pertanyaan apa yang dikemukakan oleh guru dan siswa selalu mencatat hal-hal penting ketika belajar Al-Qur’an Hadits.