Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Team Achievement Divisions) STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Main Author: | Agi Nurahmadana |
---|---|
Other Authors: | Afidah Masud |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24581 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (student team achievement) STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group desaign. Penelitian ini dilakukan di SDN Suradita Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tes yang mengukur hasil belajar matematika siswa pada materi luas bangun trapesium dan layang-layang. Tes yang diberikan terdiri dari 10 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah sebesar 77,33, sedangkan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 51,66. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 4,04 dan ttabel sebesar 2,00 dengan taraf signifikan (α) = 5% dan derajat kebebasan (db) = 58. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe (student team achievement) STAD, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe (student team achievement) STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SD.