Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Main Author: | Sari, Indah |
---|---|
Other Authors: | Maryati, Tita Khalis, Mas'ud, Afidah |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24531 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di SMPN 1 Babelan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group randomized subject post test only. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa untuk kelas kontol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik berbentuk essay dengan tiga indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan analisis data mengunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh nilai t hitung sebesar 2,41, sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 65 sebesar 2,00. Sehingga hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, diterima.