Pengaruh Hypermedia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Konsep Momentum dan Impuls
Main Author: | Hikmah, Nurul |
---|---|
Other Authors: | Suwarna, Iwan, Hertanti, Erina |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24468 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tangerang Selatan pada kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purpossive sampling. Penelitian berlangsung pada bulan November sampai Desember 2013. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase, kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan uji t terhadap data posttest. Nilai thitung sebesar 2,03, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,99 atau thitung > ttabel. Pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar siswa terlihat dari beberapa hal. Pertama, pembelajaran menggunakan hypermedia unggul dalam meningkatkan jenjang kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), dan C3 (menerapkan), sedangkan kelompok kontrol unggul dalam meningkatkan jenjang kognitif C4 (menganalisis). Kedua, respon siswa terhadap software hypermedia menunjukkan bahwa penggunaan hypermedia dalam proses pembelajaran fisika pada konsep momentum dan impuls secara keseluruhan memperoleh hasil baik sekali.