Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation siswa kelas IV SD Negeri Sukamaju 3 Depok
Main Author: | Rahayu, Endang Puji |
---|---|
Other Authors: | Muin, Abdul |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24414 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Endang Puji Rahayu (NIM: 109018300035). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV SD Negeri Sukamaju 3 Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sukamaju 3 Depok dengan mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sukamaju 3 Depok tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 32 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan langkah-langkah meliputi: grouping, planning, investigation, organizing, presenting, evaluating. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan dapat meningatkan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari presentase aktifitas siswa pada siklus I sebesar 66,25% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 77,92%. Sedangkan peningkatan presentase emampuan berpikir kritis matematis pada siklus I diperoleh persentase kemampuan mempertanyakan permasalahan sebesar 57,03% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 85,94%, pada siklus I persentase kemampuan menguji diperoleh 68,75% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 78,91%, pada siklus I kemampuan menilai diperoleh 80,86% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 82,03%, pada siklus I persentase kemampuan membuat kesimpulan sebesar 41,41% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,87. Jadi, kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV pada siklus I sebesar 65,78% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 80,15%. Kata Kunci: Group Investigation (GI), Berpikir Kritis Matematis v ABSTRACT Endang Puji Rahayu (NIM: 109018300035). Improvement Students Critical Thinking Skill Mathematical Through Cooperative Learning Type Group Investigation Student 4th Grade of SD Negeri Sukamaju 3 Depok. This study aims to describe students activities of mathematics learning and improve students critical thinking skills mathematical through cooperative learning type Group Investigation (GI). This research was conducted in the Elementary School 3 Depok Sukamaju using the method of action research carried out in 2 cycles, where in each cycle consisting of 4 meetings and 1 meeting final test cycle. Subjects in this study were fourth grade students of SD Negeri 3 Depok Sukamaju academic year 2013/2014 which consisted of 32 students. Instrument used in this study is the observation sheet aOctivities of teachers and students during the learning process in progress, achievement test, and documentation. The results of study showed that the application of cooperative learning Group Investigation with steps of GI: grouping, planning, investigation, organizing, presenting, evaluating. Can improve students' critical thinking skills and mathematical learning activities of students, it can be seen from the percentage of student activity on the first cycle of 66.25% has increased in the second cycle amounted to 77.92%. While the increase in the percentage of students critical thinking skills mathematically percentages obtained in the first cycle of the ability to question issues has increased 57.03% in the second cycle be at 85.94%, the percentage of first cycle test capabilities gained 68.75% increase on the second cycle amounted to 78.91%, in the first cycle assess abilities gained 80.86% increase in the second cycle amounted to 82.03%, in the first cycle the ability to make inferences percentage of 41.41% increase in cycle II to 71.87. Thus, the ability of critical thinking mathematically fourth grade students in the first cycle of 65.78% and an increase in the second cycle amounted to 80.15%. Keywords: Group Investigation (GI), Critical Thinking Mathematical