Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt ( Teams Games Tournament ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia
Main Author: | Harja, Wijaya |
---|---|
Other Authors: | Zulfiani |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Zulfiani
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24328 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar biologi pada konsep Sistem Gerak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Wirabuana Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre test-post test two group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar biologi pada sistem gerak. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil penghitungan perbedaan rata-rata post test kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 8,33 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 30 yaitu sebesar 2,03. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar biologi pada konsep sistem gerak.
- Zulfiani